Game “Meet Pharmy” Resmi Diperkenalkan kepada PPIAI
Monday, May 20 2019 at 04:55 PM

Salah satu karya membanggakan anak bangsa kembali dipersembahkan melalui sebuah permainan video yang berjudul “Meet Pharmy”. Game ini resmi diperkenalkan di sela-sela acara buka puasa bersama Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, pada Jumat (17/5/2019).

Meet Pharmy: Pharmacy Games for Kids” adalah permainan video berbasis pengetahuan mengenai peran apoteker dalam pelayanan kesehatan. Melalui permainan ini, pengguna akan bermain sebagai asisten Pharmy dalam melakukan peracikan (compounding) dan penyiapan (dispensing) obat.

Keahlian ilmu farmasi pemain akan diuji melalui 3 skenario, yaitu pilek, batuk, dan demam. Permainan ini tersedia dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Selain itu, permainan ini juga memiliki fitur “Module for Parent” yang berisi info-info dasar mengenai penyakit yang terdapat dalam permainan beserta panduan terapinya.

Meet Pharmy: Pharmacy Games for Kids” dibuat menggunakan aplikasi Unity 3D dan diluncurkan pertama kali pada Januari 2019 dan saat ini tersedia pada Google Play Store dengan kata kunci pencarian “Meet Pharmy”.

Permainan ini secara resmi diperkenalkan kepada publik di ajang Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition (IPITEx 2019) di Bangkok, Thailand. Permainan ini sukses menyabet medali emas di kategori Public Health and Humaniora.

Selain itu, inovasi ini juga mendapatkan pengakuan berupa medali emas di ajang World Young Inventors Exhibitions (WYIE) di Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan Mei 2019.

 

Dokumentasi acara bisa dilihat di tautan berikut ini: http://iai.id/gallery/pengenalan-aplikasi-game-meet-pharmy-di-acara-buka-puasa-bersama-ppiai