Informasi mengenai Wabah Novel-Coronavirus (2019-nCoV)
Thursday, Feb 20 2020 at 11:26 AM

PP IAI, 19 Feb 2020 - Baru-baru ini, dunia kesehatan dikejutkan dengan wabah dari novel coronavirus (n-CoV) yang pertama kali dilaporkan tanggal 31 Desember 2019 di kota Wuhan, Cina. Penyakit akibat coronavirus (COVID-19) ini telah menginfeksi ratusan orang hingga kematian di China dan menyebar cepat ke Negara lain.

Coronavirus novel (nCoV) adalah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia, termasuk zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan belum menginfeksi manusia. Tanda-tanda umum infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.

Sampai saat ini, tidak ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati virus corona baru. Namun, bagi yang terinfeksi 2019-nCoV harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan yang sakit parah harus mendapatkan perawatan suportif yang optimal. Beberapa perawatan spesifik sedang diselidiki dan akan diuji melalui uji klinis. WHO membantu mengoordinasikan upaya untuk mengembangkan obat-obatan untuk mengobati nCoV dengan berbagai mitra.

Pencegahan agar tidak terinfeksi oleh coronavirus yaitu menjaga kebersihan tangan dan pernapasan dasar, dan konsumsi makanan yang aman serta menghindari kontak dari dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.

Hal-hal berikut TIDAK DIREKOMENDASIKAN karena tidak efektif untuk melindungi diri sendiri dari 2019-nCoV, bahkan bisa berbahaya yaitu minum vitamin C, merokok, minum teh herbal tradisional, memakai banyak masker, minum obat sendiri seperti antibiotik. Konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang harus dihindari.

 

Sumber:
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Informasi tentang PIT IAI 2020 & FIP Regional Conference South East Asian and the Asian Pacific Region:
www.iai.id/fip_pit2020

 

Poster PIT 2020 tentang Wabah Coronavirus: http://iai.id/gallery/pit-2020-poster-awareness-novel-coronavirus-outbreak-2019-ncov