Peringati Hari Apoteker Sedunia Para Apoteker DIY Dropping Air Bersih di Gunungkidul
Monday, Sep 23 2019 at 11:45 AM

JOGJAKARTA CAKRAWALA.CO - Musim Kemarau panjang yang terjadi tahun ini, menjadi musim yang berat bagi sebagian warga masyarakat di Gunung Kidul, sebagian Bantul dan Kulonprogo, Daerah Itimewa Yogjakarta (DIY). Sejauh ini  daerah yang mengalami krisis air bersih terus meluas. Namun demikian perhatian dari warga masyarakat untuk memberikan bantuan air bersih pun terus mengalir.  Banyak komponen masyarakat yang peduli dan ikut membantu., salah satunya para apoteker di Yogyakarta.

Sebagai wujud kepedulian dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, serta dalam rangkaian kegiatan World Pharmacist Day (Hari Apoteker Sedunia), Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia ( PD IAI )DIY memberikan bantuan Penyaluran Air Bersih kepada warga Pedukuhan Papringan dan Pedukuhan Ngrombo, Desa Tileng, Kecamatan Girisubo Gunungkidul Yogyakarta. Bantuan air bersih secara simbolis diserahkan oleh wakil ketua PD IAI DIY Arifianti Piskana Susilawati, M.Clin.Pharm., Apt. dan di terima oleh Pak Suharno selaku Kepala Dukuh Papringan dan Pak Karsimin selaku Kepala Dukuh Ngrombo.

Bantuan air bersih menjadi pilihan untuk kegiatan aksi sosial ini karena kecukupan pemenuhan kebutuhan air bersih sangat menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkap Arifianti Piskana Susilawati Ketua PD IAI DIY.

Lebih lanjut dikatakan Arifianti mengatakan, pengurus Daerah Ikatan Apoteker D.I.Yogyakarta membuat beberapa agenda guna menyambut Peringatan Hari Apoteker Sedunia salah satunya dengan program Apoteker DIY Peduli Air Bersih yaitu Penyaluran Air Bersih kepada warga yang terkena dampak kemarau karena kekurangan pasokan air bersih. Yang rencana akan dilaksanakan di 2 Kabupaten di Yogyakarta yaitu Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Kulon Progo.

Dalam acara ini, Ketua Bidang ATB IAI DIY Estri Karyani, S.Si.,Apt beserta Apoteker dari beberapa perwakilan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia se-D.I Yoygakarta ikut membantu jalannya penyaluran air bersih kepada warga serta melakukan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Masyarakat menyambut baik bantuan droping air bersih ini dengan harapan agar bisa membantu mengatasi masalah kebutuhan air bersih yang dialami oleh warga sekitar selama menghadapi musim kemarau panjang.

Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang telah memberikan bantuan air bersih kepada warga kami sehingga meringankan beban kami dalam memenuhi air bersih,” ujar Karsimin Kepala dukuh Ngrombo.

Saat ini, bantuan dropping air bersih terus dilakukan, baik oleh pemerintah, lembaga-lembaga maupun swasta. Kecamatan yang terkena dampak krisis air dan sudah didroping air bersih meluputi kecamatan Girisubo, Rongkop, Tepus, Paliyan, Panggang, Purwosari, Ngawen dan Nglipar Gunungkidul Yogyakarta.***(Okta/ Santosa)

 

Sumber berita: https://cakrawala.co/peringati-hari-apoteker-sedunia-para-apoteker-diy-dropping-air-bersih-di-gunungkidul/