Pekan Peduli Antimikroba Sedunia 2020
Wednesday, Nov 11 2020 at 01:47 PM

Resistensi mikroba terhadap antimikroba (antimicrobial resistance/AMR) telah menjadi masalah kesehatan dunia, dengan berbagai dampak merugikan sehingga dapat menurunkan mutu pelayanan kesehatan. Pekan Peduli Antimikroba Dunia (World Antibiotic Awareness Week/WAAW) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan resistensi antimikroba (AMR) global dan untuk mendorong praktik terbaik di kalangan masyarakat umum, tenaga kesehatan, dan pembuat kebijakan untuk menghindari kemunculan lebih lanjut dan penyebaran infeksi yang resistan terhadap obat.

Sehubungan hal tesebut, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI mengeluarkan Surat Edaran Nomor: HK.02.02/III/3920/2020, bahwa dalam rangka Pekan Peduli Antimikroba Sedunia 2020 (WAAW 2020) pada 18-24 November 2020.
Seluruh pihak dihimbau untuk berpartisipasi dengan memerhatikan hal-hal berikut ini:
1. Tema kampanye WAAW 2020 global adalah “United to Preserve Antimicrobials” yang merefleksikan pesan bahwa antibiotik adalah berharga dan obat tidak terbarukan sehingga digunakan hanya jika diperlukan, dan cakupannya lebih luas (antimikroba) untuk lebih memfasilitasi dan mendukung pendekatan multisektoral secara “One Health”.
2. Dinas Kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan dan sumber daya terkait dihimbau untuk berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kagiatan tersebut (sesuai isi surat)

Materi kampanye WAAW 2020 dapat diunduh melalui situs WHO:
https://www.who.int/campaigns/world-antimicrobial-awareness-week/2020
Mari ikut mendukung peringatan WAAW 2020 dengan memasang twibbon berikut ini: https://twibbonize.com/PKAS2020

 

Dokumentasi twibbon kegiatan & surat edaran: iai.id/gallery/pekan-peduli-antimikroba-sedunia-2020